PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8

Main Article Content

Boby Syefrinando

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis pada Macromedia Flash Proffesional 8, khususnya dalam pembelararan fisika. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development) yang mencakup langkah utama dalam penerapannya yaitu pendahuluan, perancangan media, danevaluasi.  Penelitian ini  menemukan bahwa ada tujuh langkah  dalam merancang media pembelajaran yaitu; analisis kebutuhan dan karakter siswa, perumusan tujuan pembelajaran,  validasi dan revisi berdasarkan penilaian ahli, uji coba, dan revisi akhir. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Proffesional 8 efektif digunakan sebagai media dalam pengajaran fisika, khususnya pada pokok bahasan Hukum Newton.


 Kata Kunci : Media pembelajaran, Macromedia Flash Proffesional 8, mata kuliah  Fisika


 Abstract


 [Devepoling Macromedia Flash Proffesional 8 Based Teaching Media]. The purpose of  the study was to develop teaching media based on Macromedia Flash Proffesional 8,  particuraly for physics course. This Study employed research and development (R&D) design,  including three major steps, there are; preliminary, designing media, and evaluating.  The study showed that there are sevent steps in designing teaching media, including; need analysis and students character, formulating learning objectives, validating  and revising based on expert judgment, trials, and revision. The result of the study also indicated  that Macromedia Flash Proffesional 8 based teaching media was effective to used in teaching Newton’s Law subject in  physics course


Keywords: Teaching mediaMacromedia Flash Proffesional 8, physics course

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SYEFRINANDO, Boby. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8. Indonesian Journal of Educational Research, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 102 - 106, dec. 2016. ISSN 2541-2159. Available at: <http://edujurnal.iainjambi.ac.id/index.php/ijer/article/view/21>. Date accessed: 22 nov. 2017.
Section
Articles